Rabu, 01 Juni 2016

Proposal Rencana Usaha Rujak Ice Cream “Rujak Londo”



Proposal Rencana Usaha Rujak Ice Cream
“Rujak Londo”

Proposal Ini Disusun Guna Memenuhi Tugas Mandiri Mata Kuliah Entrepreneurship

Dosen Pembimbing : Agus Salim Chamidi, M.Pd.I
                                  

Nama                     : Nuni Pratiwi
NIM                        : 15115741
Jurusan/smt/kelas : PAI/II/F

Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen (IAINU) Kebumen 2016

Rencana Usaha Makanan Kombinasi
 Rujak Ice Cream
“Rujak Londo”

Disusun oleh :
Nuni Pratiwi
15115741
PAI/II/F

Jln. Sempor Lama No. 29 Desa Semanding, Gombong, Kebumen


KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh .
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala nikmat dan karuniaNya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas Proposal Kewirausahaan ini. Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari zaman kegelapan jahiliyah menuju zaman terang benderang addinul islam .
Proposal ini beraspek kepada kewirausahaan yang mengangkat tema makanan tradisional yang dikombinasikan dengan minuman modern. Inovasi makanan ini masih jarang di temukan di outlet, caffe maupun kedai pinggir jalan. Saya yakin rencana usaha “Rujak Ice Cream : RujakLondo” mampu menjadi peluang usaha yang meyakinkan.
Mungkin tugas yang saya buat ini, belum sempurna oleh karena itu, saya meminta maaf jika makalah ini masih terdapat kekurangannya. Saya mohon saran dan kritiknya untuk memperbaiki pembahasan makalah ini.
Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh .



PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN



   A.   Latar Belakang
Makanan tradisional Indonesia banyak sekali ragamnya. Namun seiring jaman globalisasi seakan-akan makanan tradisional tersebut susah sekali untuk di cari. Kebanyakan masyarakat memilih JunkFood yang memang enak ketika dimakan, namun nantinya memiliki dampak negatif bagi yang mengkonsumsinya. Makanan-makanan tersebut merupakan makanan dari negara tetangga yang memang laku bahkan laris diminati masyarakat Indonesia. Lalu, makanan tradisional lantas hilang peminatnya dan sudah jarang keberadaannya.
   B.   Rencana Bisnis
Dari latar belakang di atas, saya ingin mengangkat makanan tradisional yang kemudian di kombinasikan ala-ala modern. Dari segi makanan tradisional, diwakili oleh Rujak. Rujak merupakan makanan yang terdiri dari komposisi buah-buahan tropis yang diberi bumbu kacang pedas kemudian diulek halus. Rasa dari buah-buahan tadi cocok sekali bila dikombinasikan dengan Ice Cream. Dari Rasa Asam, Pedas, segar dan Manis memunculkan kenikmatan rasa tersendiri dari penikmatnya. Terlebih Penikmat Ice Cream berada di setiap kalangan usia, baik anak-anak maupun dewasa.
Saya Berencana akan membuat usaha Rujak Ice Cream “RUJAK Londo” yang merupakan inovasi makanan tradisional-modern. Dengan sentuhan modern, kini Rujak lebih variatif dalam rasa, tampilan, bahkan dari segi peminat. Rujak Ice cream merupakan peluang bisnis yang masih jarang di kembangkan dan masih terbilang baru di tengah-tengah masyarakat. Bila di lihat dari segi umur , Rujak Ice Cream dapat di minati oleh berbagai kalangan usia.  Dengan mengkonsumsi Rujak Ice Cream, tidak hanya mendapatkan kesegaran semata, namun vitamin dari buah-buahan yang ada didalamnya sangat menyehatkan badan.
   C.   Waktu Berbisnis
Saya akan memulai bisnis “Rujak Londo” pada waktu pagi hari mulai pukul 09.00 WIB hingga sore hari  pukul 16.00 WIB. Karena pada waktu-waktu tersebut cenderung menjadi jeda aktifitas para anak sekolah dan umum.
   D.   Lokasi  Bisnis
Saya berencana membuka stand di lokasi jalan sempor lama yang merupakan jalur strategis masyarakat menuju berbagai tempat umum yaitu : Pasar Wonokriyo, Benteng Van Der Wijk, RS. Palang Biru, SMPN 1 Gombong, Klinik Bersalin Budhi Waluyo, SMAN 1 Gombong, Terminal Gombong,GKJ, dan menjadi jalur penghubung ke jalan raya Yos Sudarso Gombong. Lebih detailnya, stand Rujak Ice Cream saya dirikan di Area Perempatan Dirjo sebelah timurkarena letaknya strategis dan menjadi pertemuan arus kendaraan yang menuju ke berbagai arah.

   E.    Sarana
· Alat-alat yang diperlukan :
1.     Stand/tenda kecil
2.     Meja
3.     Kursi
4.     Etalase buah ukuran kecil
5.     Termos ice cream
6.     Toples
7.     Cobek dan ulekan
8.     Skop  Ice Cream
9.     Mangkok
10.            Cup Plastik
11.            Sendok Plastik
12.            Kantong plastik
13.            Banner
· Bahan :
1.     Buah Tropis :
a.     Mangga
b.     Kedondong
c.      Mentimun
d.     Bengkoang
e.      Nanas
f.       Jambu air
2.     Bumbu :
a.     Kacang
b.     Gula Merah
c.      Cabai kriting
d.     Air mineral
3.     Bahan Ice Cream
a.     Susu Coklat, Strawberry, Vanila
b.     Es batu

   F.    Rencana Anggaran
®   Alat :
No
Nama Alat
Jumlah
Harga (Rp)
1.
Stand/ Tenda Kecil
1 set
1.000.000
2.
Meja
2 unit
500.000
3.
Kursi
4 unit
200.000
4.
Etalase buah
1 unit
150.000
5.
Termos Ice Cream
3 unit
150.000
6.
Toples
4 unit
60.000
7.
Cobek+Ulekan
1 set
15.000
8.
Skop Ice Cream
3 unit
30.000
9.
Mangkok
1 lusin
50.000
10.
Gelas Cup plastik
1 gulung
100.000
11.
Sendok Plastik
1 pcs
25.000
12.
Kantong Plastik
2 pcs
15.000
13.
Banner kecil
1 lembar
75.000
Jumlah
2.370.000
®   Bahan
No
Nama Bahan
Jumlah
Harga (Rp)
1.
Buah Tropis
8 kg
200.000
2.
Bumbu Rujak
(skala tdk ditentukan)
50.000
3.
Ice Cream 3 rasa
3 Termos
90.000
Jumlah
340.000
Jadi Modal yang di butuhkan menurut hasil kalkulasi yaitu
Jumlah Biaya Alat dan Bahan :
Rp. 2.370.000 + Rp. 340.000 = Rp. 2.710.000
   G.   Sumber Anggaran
Dana Pribadi        : Rp. 2.000.000 
Dana Pinjaman     : Rp. 1.000.000  
Dana Anggaran    : Rp. 2.710.000
Dana Cadangan    : Rp. 290.000
   H.   Marketing
a.     Sasaran pemasaran
Sasaran usaha saya adalah masyarakat berbagai kalangan usia dan berbagai latar belakang sosial. Makanan Rujak Ice Cream dapat di jangkau dengan harga ekonomis yaitu Rp. 5.000/Cup.
b.     Metode Marketing
Metode marketing yang saya gunakan ialah menggunakan media cetak dan media sosial. Dengan memanfaatkan brosur, saya mempromosikan usaha saya dan di tempel di dinding yang kosong agar mudah dibaca. Selain itu, saya memanfaatkan media sosial dengan membuat fanspage di Facebook, Twitter, Instagram, Blog, G+ dll. untuk memperluas promosi usaha saya.
c.      Kemasan Produk
Produk Dikemas dengan Mangkok apabila konsumen ingin makan langsung di lokasi (on the spot) dan produk dikemas cup apabila konsumen ingin membawa produk ke rumah.

   I.       Kesimpulan
Dengan menciptakan inovasi makanan dari unsur tradisional dan modern saya yakin akan menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Dengan menjaga kualitas, rasa, tampilan dan sanitasi produk dapat memberikan kesan aman dan sehat untuk mengkonsumsi Rujak Ice Cream. Cukup dengan Rp. 5.000 masyarakat dari berbagai kalangan dan usia dapat menikmatinya.
   J.      Penutup
Demikian Proposal Usaha yang saya buat, apabila dalam pembuatan atau susunan dalam sistematika proposal masih terdapat kesalahan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kritik dan saran sangat saya  harapkan guna memperbaiki apa yang telah saya susun sedemikian rupa.
Akhirul Salam…
Wassalamualaikum Wr. Wb.

1 komentar:

  1. terimakasih Kak atas ide bisnisnya yang sangat menarik karena sangat kreatif.. tampilan blognya juga sangat bagus, sehingga pembaca tidak bosan (khususnya untuk perempuan hehe)
    Aplikasi Kasir Android Gratis

    BalasHapus